Sabtu, 21 Februari 2009

jarkom

Server
Komputer yang bertugas sebagai pelayan jaringan. Server mengatur lalu lintas data dalam sebuah jaringan dan menyediakan resource yang dapat dipakai oleh komputer lain yang terhubung dalam jaringannya. Server merupakan piranti khusus dalam jaringan komputer yang menjadi tempat bagi semua nodes di dalam jaringan untuk bisa melakukan resource sharing. Server melayani semua nodes, jika nodes membutuhkan. Server ada beberapa macam, yaitu: printer server, file server, disk server, dan database server. Server bisa bersifat dedicated, artinya server tidak bisa dipergunakan sebagai nodes untuk komunikasi, ada juga yang bersifat non-dedicated, yaitu selain berfungsi sebagai server juga dapat dipergunakan sebagai titik masuk untuk berkomunikasi di dalam jaringan. Cara seperti ini populer dengan istilah client-server.

Script yang diolah di server. Di dalam hal web server, (1)Script tersebut diterjemahkan oleh server sebelum dikirim ke browser. Setelah berhasil diterjemahkan script tersebut akan diubah menjadi HTML murni dan selanjutnya dikirim ke browser untuk ditampilkan ke jendela monitor. (2) Berhubung script tersebut harus melalui pengolahan server, maka server yang dipakai dituntut harus memiliki kemampuan untuk menterjemahkan kode-kode script. Dengan kata lain, proses memilih server harus tepat dan tidak boleh sembarangan. (3) Mengingat script tersebut telah menjadi HTML murni begitu dikirim ke browser, kode-kode script ASP yang telah disusun dengan tekun tak bisa terbaca oleh orang lain. Inilah yang dikatakan bahwa script yang berjenis server-side aman dari intipan programmer lain. (4) Pembuat script tak perlu gelisah akan kemampuan browser para pengunjung situsnya, apakan browser tersebut mampu menerima ASP atau tidak mengingat script ini diolah server dan dikembalikan ke broser telah dalam wujud HTML.

Desktop
Biasanya istilah ini digunakan untuk layar monitor yang dipenuhi dengan ikon-ikon yang mewakili program yang terdapat di dalam komputer anda.
Salah satu model kemasan komputer yang sengaja dirancang untuk ditempatkan di atas meja kerja, disebut juga dengan desktop computer.

Bit
Merupakan singkatan dari binary digit. Satuan terkecil dalam hitungan biner. Satu bit menunjukkan kuantitas dasar yang mewakili nilai 1 atau 0 ( atau on / off dsb).

Workstation
Terminal kerja. PC atau komputer tempat bekerja bagi user dalam menyelesaikan permasalahannya.

kilobyte
1 kilobyte = 1024 bytes. Besaran ini menunjukkan ukuran memory komputer, space disk atau ukuran file.

byte
Satu byte adalah merupakan sebuah karakter yang dibangun dari tujuh atau delapan bit. Satuan yang digunakan untuk menunjukkan kapasitas dalam dunia digital, termasuk komputer, besar file, serta ukuran lain, digunakan dalam satuan byte ini. Informasi yang akan dan yang diolah disimpan di dalam suatu memori.

Megabyte
Disingkat MB. Kurang lebih 1.000.000 byte atau satu juta byte. juga berarti seribu kilobyte.

Gigabyte
Ukuran besaran memory atau disk komputer yang berkisar antara ribuan juta byte (atau seribu mega byte). Angka tepatnya adalah 1.073.741.824 bytes (1024 megabytes). Berikut ukuran lainnya sebagai pembanding :
1 GB=1024 Mega Byte,
1 MB=1024 Kilo Byte,
1 KB=1024 Byte,
1 B =1 Character,
2 B =8 bit.

convert
Konversi, menukar, mengubah. Mengubah dari suatu bentuk ke bentuk lainnya, dengan beberapa tujuan, diantaranya agar suatu data dapat dikenal oleh sistem lainnya. Selain juga agar suatu data tidak diketahui, misalnya ketika memasukkan password, setiap karakter yang dimasukkan, yang keluar di layar di monitor adalah *.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar